Monday, April 09, 2007

CHATTING DI mIRC


Untuk melakukan chatting di mIRC langkah-langkahnya sebaga
i berikut :

1. Aktifkan mIRC melalui Start -->
All Programs --> mIRC --> mIRC. Atau klik dobel icon atau lambang mIRC pada desktop atau shortcut. Maka akan muncul tampilan mIRC Option seperti di bawah ini :


2. Masukkan data diri secara lengkap pada kotak yang tersedia, kemudian klik OK atau klik Connect to IRC Server.

Fullname : nama lengkap

E-mail address : alamat e-mail kamu

Nickname : nama panggilan yang akan muncul pada chatroom

Alternative : nama alternatif dipakai apabila telah ada nickname yang sama

3. Kemudian akan muncul jendela mIRC Channels Folder seperti di bawah ini:


4. Ketikkan nama channel di mana kita ingin bergabung pada textbox yang tersedia. Umumnya user menggunakan channel nama kota seperti #yogyakarta, #bandung, #jakarta, #surabaya, dll. Jangan lupa mengetikkan nama channel selalu diawali dengan tanda pagar (#).

5. Setelah nama channel dipilih kemudian klik Add, klik Edit, lalu klik Join.

6. Window mIRC akan menampilkan jendela baru dengan nama sesuai dengan channel yang dipilih. Misalnya, ’Now talking in #yogyakarta...” Tampilannya sebagai berikut :


7. Kita sudah bisa memulai chatting. Ada 2 pilihan dalam chatting yaitu : chatting secara public terhadap seluruh anggota yang tergabung dalam chanel tersebut, atau chatting secara privat dengan memilih daftar nickname yang disukai yang tertera di sebelah kanan dengan cara klik dobel pada nickname. Maka akan tampil jendela baru dengan nama sesuai dengan nickname yang dipilih untuk diajak chatting.

8. Mulailah obrolan dengan mengetikkan pesan pada kotak yang terletak paling bawah dari jendela, lalu tekan Enter. Begitu seterusnya. Untuk menghemat waktu, kita bisa melakukan chatting dengan beberapa orang sekaligus dengan cara yang sama.




0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home