Tuesday, April 10, 2007

MESIN PENCARI (SEARCH ENGINE)


Internet adalah gudangnya informasi, mulai dari hal-hal yang kecil yang berkaitan dengan hobi seseorang atau bahkan berkaitan dengan sebuah literatur ilmiah bertaraf internasional. Dari berjuta informasi yang ada di Internet, memungkinkan seseorang mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhannya. Dalam mendapatkan informasi tersebut akan terasa mudah bila kita telah mengetahui alamat website yang dimaksud. Di sinilah peran search engine.


Tentu telah terpikirkan betapa banyak alamat-alamat situs di dunia ini. Namun sering tidak terpikirkan bagaimana bisa mengetahui dan menghafal berbagai alamat situs tersebut. Jangankan beberapa alamat, satu alamat pun bisa terdiri dari ban
yak path atau directory dan nama file yang panjang pula. Semua masalah itu bisa diatasi dengan mesin pencari (search engine).


Search engine adalah fasilitas yang memungkinkan pemakai Internet mencari suatu informasi tertentu dengan memasukkan kata kunci dalam data base server yang berkaitan. Search engine menampung database situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya milyaran halaman web. Cukup dengan menuliskan kata kunci, maka search engine akan menampilkan beberapa link situs. Search engine menyediakan pelayanan untuk mengorganisasi dan menyusun indeks berdasarkan kategori dari beberapa website, serta memberikan rate (rangking) berdasar dari seringnya website tersebut dikunjungi.




LATIHAN:
Carilah artikel tentang beasiswa pelajar di luar negeri menggunakan search engine. Hasil pencarian lalu dikirim melalui e-mail (yulitapahin@yahoo.com), atau kirim melalui weblog ini dengan meng-klik Comment.


1 Comments:

At June 25, 2007 at 11:36 AM , Anonymous Anonymous said...

kayaknya sih lumayan lengkap materinya, tapi kurang banyak gambar2 yg bikin menarik lg!
semoga sarannya ditrima ya ....

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home