Monday, April 09, 2007

TEKNIK PENYIMPANAN DATA DARI INTERNET

Setelah membicarakan cara-cara pencarian, tentu tidak akan lengkap jika data itu dibiarkan terbuka begitu saja. Apalagi kalau kita memprosesnya dari Internet, kita perlu memindahkan data tersebut baik ke dalam disket, flash-disk atau media penyimpan lainnya.


1. File HTML (Hypertext Mark up Language)

Biasanya pengguna awal Internet menyimpan file yang didapatnya dengan meng-copy semua isi yang akan diambil lalu dipindahkan (paste) ke dalam Microsoft Words. Hasilnya, bentuk tidak sesuai dengan aslinya, membutuhkan banyak langkah, dan kapasitas file akan membengkak. Hal ini akan merugikan apalagi jika kita hanya membawa 1 disket, sedangkan data yang akan disimpan sangat banyak.

Ada cara menyimpan file HTML agar hasil penyimpanan cepat dan akurat, maka ada 3 cara alternatif, yaitu :

a. HTML Complete

Cara seperti ini dimaksudkan untuk menyimpan informasi utuh dan sama sesuai dengan tampilan aslinya di Internet.

Caranya klik Fileè Save As . Setelah muncul tampilan Save Web Page seperti di bawah ini, tentukan tipe file penyimpanannya dengan meng-klik panah pada Save as type è Web Page, complete (*.htm;*html).


b. HTML only

Cara ini bertujuan untuk menyimpan data berupa tulisan atau teks saja,akan tetapi dalam bentuk HTML.

Caranya hampir sama dengan cara di atas, perbedaanya hanya pada filetype-nya saja. Jadi klik File è Save As dan pilih Save as type : Web Page, HTML only 9*htm.*html).


c. Text File

Cara ini bertujuan untuk menyimpan data berupa tulisan atau teks murni.

Caranya klik File --> Save As dan pilih Save as type : Text File (*.txt). Hasil penyimpanan seperti di bawah ini :


2. File DOC

Misalnya kita menuliskan : virus computer filetype:doc pada mesin pencari, maka hasil pencarian dengan menggunakan fitur filetype:doc adalah sebagai berikut:



Ada beberapa cara menyimpan data dengan format doc. Apabila kita langsung membuka link tersebut maka akan muncul window alert seperti di bawah ini :


Bila kita ingin membuka atau melihat isi dokumen tersebut, maka klik tab Open. Jika akan menyimpan tanpa membuka terlebih dahulu klik Save. Tetapi bila sudah dibuka, cara menyimpannya adalah klik File è Save As lalu simpanlah pada folder yang dikehendaki.


3. File PDF

Penyimpanannya hampir menyerupai dengan file doc. Contoh : ketikkan pendidikan:pdf . Hasilnya sebagai berikut :


Bedanya kalau file pdf ini dibuka maka akan terdapat tambahan toolbar seperti ini :

Cara penyimpanannya pun cukup simpel. Kita tidak usah meng-klik File è Save As, melainkan cukup dengan meng-klik gambar disket yang berada pada sudut kiri toolbar.


4. File Gambar

Cara menyimpan ganbar jika kita membutuhkan hanya satu gambar yang ada di suatu website, maka klik kanan pada gambar yang akan diambil, kemudian klik Save Picture As. Baru kemudian disimpan pada folder yang diinginkan.




LATIHAN :

Carilah informasi dengan kata kunci : ’rumus matematika’ dan simpanlah dalam bentuk HTML Complete di dalam foldermu.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home