Monday, April 09, 2007

CHATTING

Chatting adalah teknologi Internet yang memungkinkan orang bisa ngobrol dengan orang lain sesama pengguna Internet yang sedang online di seluruh dunia. Chatting mempunyai tingkat kecepatan komunikasi lebih tinggi daripada e-mail, di mana orang terkadang harus menunggu lama untuk mendapat balasan surat.

Chatting masih banyak mengandalkan bentuk komunikasi tertulis (dengan teks) meskipun seiring perkembangannya chatting dapat dilakukan melalui suara bahkan dapat melihat langsung lawan bicara kita melalui monitor. Jelas, ini semua membutuhkan peralatan tambahan, tidak sekedar seperangkat komputer, melainkan harus ada webcam, mikropon, dan headset. Tetapi chatting bisa menjadi alternatif komunikasi jarak jauh, karena dibanding telepon, chatting lebih murah, simpel, dan cepat dalam wilayah internasional.

Untuk dapat melakukan chatting, dibutuhkan software khusus yang dapat menghubungkan kita dengan user lain yang sedang melakukan chatting. Ada 2 cara yang bisa dilakukan :


1. Chatting dengan Web Based Chat

Jika memilih cara ini, kita wajib menggunakan browser dan terlebih dahulu masuk ke sebuah website yang menawarkan teknologi chatting. Beberapa website yang menyediakan jasa chatting gratis antara lain www.astaga.com, www.kafegaul.com, www.boleh.com, dan Yahoo! Messenger.


2. Chatting dengan IRC Client

Jika memilih chatting dengan IRC Client berarti harus mempunyai software khusus yang dapat menghubungkan user satu dengan yang lain. Software yang paling populer saat ini adalah mIRC (Microsoft Internet Relay Chat). Kebanyakan computer yang mengakses Internet telah dilengkapi dengan software tersebut, sehingga kita tinggal menggunakannya.


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home