Tuesday, April 10, 2007

WORLD WIDE WEB (WWW)

World Wide Web (orang sering menyebutnya dengan web saja) merupakan jaringan informasi yang saling terhubung dan tersebar di seluruh dunia pada jaringan Internet. Jaringan informasi ini disebut web karena dibentuk oleh dokumen yang tersebar di berbagai komputer di seluruh dunia (Internet) dan saling terhubung sehingga menyerupai sarang laba-laba (web).



Apa hubungan Internet dengan web? Kita harus tahu kalau www berbeda dengan Internet. Internet merupakan kumpulan jaringan komputer di seluruh dunia yang saling terhubung. Internet merupakan media yang menghubungkan semua informasi di web, sehingga semua informasi web dapat diakses melalui Internet. Di sisi lain, kemajuan teknologi web juga menjadi motor penggerak kemajuan Internet, bahkan Internet menjadi populer setelah ditemukannya teknologi web.


Web menyediakan sarana untuk mengakses kumpulan informasi yang melimpah dalam bentuk teks (tulisan), gambar, grafik, audio (suara), video, animasi, film, dan sebagainya. Web menggunakan konsep hypertext untuk mengaitkan sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Dalam konsep hypertext, informasi disimpan di dalam serangkaian dokumen atau file. Sedangkan dokumen dapat terhubung melalui hyperlink.


Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa web mempunyai 2 ciri utama, yaitu :


A. Informasi berbasis multimedia
Hal ini menjadikan web menarik secara grafis. Kita bisa membaca berita koran, mendengarkan musik atau siaran radio, menonton televisi, bahkan melakukan percakapan dengan pengguna Internet yang lain.


B. Pemakaian hypertext dan hyperlink
Adanya hyperlink menjadikan web dapat diakses secara non linier, meloncat dari dokumen satu ke dokumen yang lain. Format atau bahasa penyajian dokumen web disebut HTML (Hypertext Mark Up Language).


1 Comments:

At June 28, 2007 at 10:32 AM , Anonymous Anonymous said...

coba apakah ada gambar yg bisa mgambarkan "www" yg seperti jaring laba2?

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home